Al Ishbah - Meniti Jalan Generasi Terdahulu - Ustadz Aris Munandar [Download Rekaman Kajian]

    Author: kajian sunnah Genre: »
    Rating


    Generasi terdahulu dari Umat Islam merupakan generasi terbaik yang pernah terlahir di muka bumi ini. Mereka merupakan generasi yang direkomendasi oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda mengenai keadaan mereka:

    «خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِي، ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ، ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ»

    Artinya, “Sebaik-baik manusia adalah yang hidup pada masaku, kemudian manusia yang hidup pada masa berikutnya, kemudian manusia yang hidup pada masa berikutnya.” (HR. Bukhari – Muslim)
    Bahkan tidak hanya itu, Allah sendirilah yang telah meridhai mereka. Dalam surat at-Taubah, Allah berfirman,

    وَالسَّابِقُونَ الأوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالأنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الأنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

    Artinya, “Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan mereka pun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar. (Surat at-Taubah : 100)
    Dalam ayat ini, Allah subhanahu wa ta’ala meridhai tiga golongan, kaum muhajirin, anshor dan yang mengikuti (cara beragama) mereka dengan baik. Tentu setiap kita menginginkan ridha ar-Rahman, maka satu-satunya jalan adalah dengan Meniti Jalan Generasi Terdahulu dari Umat Islam ini dalam beragama. Lantas bagaimana jalan beragama dari generasi terbaik manusia ini? Dapat kita simak bersama dalam rangkaian kajian berikut:
    Judul                   : Meniti Jalan Generasi Terdahulu
    Pemateri             : Ustadz Aris Munandar, M.Pi
    Pembahasan      : kitab al-Ishbah fi bayani manhaj as-salaf fi tarbiyah wa ishlah
    Kajian ini merupakan Kajian Rutin yang diselenggarakan setiap Hari Selasa di Masjid al-Ashri, Pogung Rejo, selepas maghrib – selesai. Alhamdulillah, kajian ini telah diselesaikan dengan jumlah pertemuan sebanyak 77 pertemuan. Bagi anda yang ingin menyimak dengan kitab, kitabnya bisa di download disini. Berikut adalah link download rekaman kajian tersebut:

    Cara Download:
    1. Buka Link diatas
    2. Pilih/klik Rekaman Kajian yang akan di download
    3. Tekan Ctrl + S
    NB: apabila mendapati file kajian yang rusak/tidak lengkap dapat memberitahukan keradiomuslimjogja@gmail.com

    via Radio Muslim


    Leave a Reply